Sabtu, 27 September 2014

Sering gw ditanya Banyuwangi itu ada dimana sih? Jawa Tengah ya? Ada di bumi gak? Apa di Planet Mars? Wot de hel. Jelas antara kesel dan ngakak dengernya. Kadang-kadang sampe capek jelasin ke tiap orang yang nanya.
Jadi Banyuwangi itu dimana jon? Banyuwangi terletak di propinsi Jawa Timur, Indonesia Raya Tercinta. Lebih tepatnya di ujung timur pulau Jawa, berseberangan dengan Pulau Bali yang mendunia. 1 jam naik kapal ferry dari/ke Bali, 15 menit kalo naik kapal pribadi (perahu kecil u/3-4 orang :D). Dan 3.5 jam berenang dari Bali, kalo kuat dan kalo masih hidup. Hehehe.

Sudah, gitu aja? Belum. Ada 3 cara menuju Banyuwangi. Yaitu lewat darat, laut dan udara. Coba baca rinciannya di bawah.

VIA DARAT (NAIK BUS)
Nah perjalanan menuju banyuwangi lewat darat adalah cara termudah, asal masih di pulau Jawa. Untuk perjalanan dari luar Jawa Timur dengan kendaraan umum, lo harus menuju Surabaya. Contoh, kalo lo dari Semarang naik bus dari Terminal Terboyo cari bus yang jalur pantura jurusan Terminal Bungurasih Surabaya. Ada bus Indonesia, Widji, Mira atau bus apapun. Silahkan pilih sesuai budget. Nah turun deh di terminal Bungurasih, segera cari bus lain menuju Banyuwangi. Ada bus Akas yang fenomenal, Restu, Akas Asri dan lain-lain. 

By the way jarak dari Surabaya ke banyuwangi adalah 7-8 jam naik bus,dan 3 hari kalo jalan kaki. Ada beberapa trik naik bus kalo ke Banyuwangi. Jangan bayar tiket penuh Surabaya-Banyuwangi. Beli aja tiket sampai Probolinggo dan turun di terminal Bayu Angga Probolinggo. Segera cari lagi bus di depannya yang sudah siap-siap berangkat. Bayar lagi sampai Terminal Situbondo. Segera turun dan cari lagi bus di depannya dan bayar sampai tujuan yaitu Terminal Sritanjung Banyuwangi. Lebih disarankan estafet, karena bus Surabaya-Banyuwangi sering kosong dan bakal di oper di tengah jalan. Kan gak asik di tengah-tengah tidur dan mulut nganga malah dibangunin buat oper bus.

Source: expertofsomething.wordpress.com
Oh iya kalo dari Probolinggo ke Banyuwangi ada 2 jalur, bisa pilih via Jember atau Situbondo. Gw lebih suka lewat Jember walaupun lebih lama 1 jam. Dari probolinggo turun di Terminal Tawang Alun Jember dan pilih bus paling depan jurusan Banyuwangi, bukan akhirat. 3 jam kemudian turun di Terminal Brawijaya Banyuwangi (terminal di selatan Banyuwangi). Ada kelebihan masing-masing. Kalo lewat Jember bakalan lewat Gunung Gumitir yang jalannya berkelok-kelok dan WAH bangetsss. Kalo lewat Situbondo bakalan lewat Alas Baluran yang di kanan kirinya ada hutan jati yang tak kalah wah. Asal jangan musim kemarau kalo lewat sana, karena kering kerontang dan panas banget. Satu lagi (dari Mayora), Alas Baluran adalah jalur tengkorak. Sering terjadi kecelakan di sana. Pilihan di tangan ente.

Jalan Situbondo-Banyuwangi., kering kalo musim kemarau
Source: mawanhardyan.files.wordpress.com

VIA DARAT (NAIK KERETA API PUP PUP PUP)
Stasiun Banyuwangi Baru
Kalo naik kereta api bisa dimulai dari Stasiun Surabaya Gubeng. Yang dari Jakarta tujuan Stasiun Pasar Turi ada Shuttle Bus (kalo masih ada) dari Stasiun Pasar Turi ke Stasiun Gubeng. Ada kereta eksekutif, bisnis, ekonomi dan amat ekonomi. Sesuaikan budget dan kenyamanan. Kalo backpacker yang penting nyampe dan irit :D jadi pilih kereta api Sritanjung. Dulu sebelum PT. KAI berbenah, kereta Sritanjung adalah neraka. Isinya tukang ngamen, asongan, tukang sapu (ada dompet juga disapu) dan sebagainya. Jadwal yang ada di tiket jam 8 malem, nyampenya bisa jam 11 malem. Tapi sekarang sudah bisa ditempuh 6-7 jam. Terima kasih pak kereta api.

Turun di stasiun mana di Banyuwangi? Kalo mau ke Ijen turun di Stasiun Karang Asem, kalo mau ke Baluran bisa turun di Stasiun Banyuwangi Baru. Tapi saran gw lebih baik turun di Stasiun Banyuwangi Baru karena angkot menuju kota 24 jam, sedangkan di Karang Asem sudah tidak ada angkot setelah maghrib. Adanya bang jack alias tukang ojek.

VIA LAUT
Selat Bali
Ke Banyuwangi lewat laut khusus untuk kalian yang dari pulau Bali dan pulau-pulau di Indonesia Timur. Semua yang dari Indonesia Timur wajib hukumnya ke Bali entah gimana caranya untuk menuju ke Pelabuhan Gilimanuk dan menyeberang ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi dengan kapal Ferry yang ber-tarif 8 ribu saja. Jarak tempuh dari Gilimanuk ke Ketapang adalah 1 jam kalo kapalnya tidak antri di dermaga dan bukan libur lebaran.  Setelah sampai di Pelabuhan Ketapang silahkan keluar pelabuhan dan naik angkot menuju kota dengan jarak tempuh 15 sampai 20 menit atau 15 menit naik ojek dengan tarif 15-20 ribu. Kalo lo memang dermawan dan baik hati boleh aja kasi 50 ribu dan tukang ojeknya pasti cium tangan sebagai tanda terima kasih. 

Kapal ferry 24 jam selalu ada, maka dari itu angkot di ketapang juga beroperasi 24 jam. Namun tak ada delivery order. Letak pelabuhan Ketapang ini berseberangan dengan Stasiun Banyuwangi Baru. 10 menit ditempuh dengan jalan kaki, 5 menit naik becak. Jadi kalo ada yang punya rute dari Surabaya dengan kereta api dan akan lanjut ke Bali tinggal nyeberang saja. Kalo bawaan sedikit bisa jalan kaki, kalo bawaan banyak naik becak aja. Sekali-kali berbagi rezeki karena belum tentu setahun sekali naik  becak dari stasiun kereta api ke pelabuhan penyeberangan. #bijak.

 VIA UDARA

Bandara Blimbingsari
Emangnya di Banyuwangi ada bandara? Itulah komentar pertama kalo gw pulang naik pesawat. Sudah 2 tahun lebih Banyuwangi punya bandara. Namanya Bandara Blimbingsari, terlatek di selatan kota Banyuwangi, tepatnya di Desa Blimbing Sari, Kecamatan Rogojampi berjarak 45 menit dari pusat kota. Ada 3 cara menuju bandara dari pusat kota. Pertama naik taxi kalo lagi kaya, kedua naik bus damri, ketiga naik ojek.


Sekarang sudah ada 2 penerbangan dalam sehari dari Surabaya-Banyuwangi PP yang dioperasikan oleh Wings Air dan Garuda Indonesia dengan pesawat type ATR berkapasitas 50-an orang. Sejak garuda masuk ke Banyuwangi mulai Mei 2014 kemarin, ada tambahan rute baru yaitu Denpasar-Banyuwangi PP, sedangkan Wings Air tetap pada rute Surabaya-Banyuwangi PP.


Hayoo gunung apa
Jadi untuk menuju Banyuwangi dengan pesawat, kalian harus terbang dulu ke Surabaya kemudian transit dan ganti pesawat menuju Banyuwangi. Penerbangan dari Prancis, Jerman, Inggris, Jakarta, Singapore tetap harus transit di Surabaya dulu untuk menuju ke Banyuwangi dengan Wings Air atau Garuda Indonesia. Opsi kedua adalah dari Denpasar. Dari seluruh dunia pun penerbangan harus ke Denpasar dulu, baru kemudian terbang ke Banyuwangi dengan Garuda Indonesia rute Denpasar-Banyuwangi. Susah ye?? Gak kok.


Sekarang lo sudah sampe di Banyuwangi. Nah mau naik apa keliling kota Banyuwangi? Bisa naik angkot, becak, bus, sewa mobil dan lain sebagainya. Tapi kendaraan umum terbatas jam operasionalnya, sewa mobil mahal, naik becak gak sampe-sampe. Terus naik apa dooooong? Nah sekarang di Banyuwangi sudah ada persewaan motor, lo bisa sewa sepeda motor untuk keliling kota dan desa secara murah meriah. Bule-bule pun sudah mulai berkeliaran dengan motorbike-nya, karena memang lebih enak berkeliling dengan sepeda motor. Buka aja situsnya di sini dan hubungi langsung. Dan jangan lupa cobain kuliner khas banyuwangi yaini rujak soto, nasi tempong, dll.
Rujak soto
Banyuwangi memang jauh, tapi tak sejauh  cintaku padamau karena cinta tak berjarak. Laaaah. See you on top.









71 komentar :

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wah, kelihatannya semangat sekali nulis artikelnya gan?. Lanjutkan gan!!!.
    Btw pesawat type ATR berkapasitas 70 orang gan..
    Hehe...

    BalasHapus
  3. sip tulisannya....jadi kangen bwi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditunggu kedatangannya di banyuwangi :D

      Hapus
  4. Klo dari kediri ke banyuwangi pake apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari jurusan surabaya dulu

      Hapus
    2. Harus cari jurusan Surabaya dl yah..???ada yg langsung ga mas Kediri kebanyuwangi

      Hapus
  5. mas bro kalo ke banyuwangi , kalo naek bus patas apa harus oper oper kayak gitu ?

    BalasHapus
  6. "dompet juga disapu" bhahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia kalo jaman dulu, dompet pun disapu :D

      Hapus
  7. Saya mau ke bwi ni week 2 april.. Mau ke pantai pulau merah,,, penginapan di rogojampi.. Enaknya naik apa yaaa??? Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo penginapannya di Rogojampi lebih baik naek kereta, turun di stasiun Rogojampi. Itu pun kalo yang dikunjungi hanya Pulau Merah, Teluk Hijau dan sekitarnya

      Hapus
  8. Jadi pengen kesana.. terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir. Ayo ke Banyuwangi

      Hapus
  9. Saya mau nanya banyak neh mas. Pengen ke ijen trs ke baluran. Dr jkt - sby - bwi. Dr sby ke banyuwangi enaknya naik bus atau kereta? Trs kalau mau ke ijen enaknya nginepnya dmn?krn sy rencana 2 mlm di bwi. Ada rekomen ga? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Surabaya enak naik kereta, tapi kalo waktunya nggak keburu bisa naik bus. Nah kalo mau ke Ijen mending nginepnya di kota aja mbak, tengah malam jam 11 atau 12 baru berangkat naik motor atau mobil ke Ijen. Satu lagi masukan, 2 hari gak cukup mbak di Banyuwangi hahaha

      Hapus
  10. Mas kalo dari surabaya ke banyuwangi yang paling gampang sampe kota gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik kereta lebih enak mas, turun di Stasiun Banyuwangi Baru. Ada kereta ekonomi Sritanjung, kalo bisnis Mutiara Timur. Dari Stasiun ke kota cuma 15 menit naik angkot.

      Hapus
  11. Kalo dari jakarta ke banyuwangi naik kereta/pesawat ada gk yg lngsung smpai ke banyuwangi tnpa transit di surabaya..??
    Terus di banyuwangi wisata'nya apa aja & 1 wisata ke wisata lain'nya itu jarak'nya jauh" atau tidak..?? Trmksh ats info'nya,, saya mau jln" ke banyuwangi tp belom cukup info jadi takut nyasar hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Riski

      Semua penerbangan ke Banyuwangi harus transit. Wings Air transit di Surabaya dan Garuda bisa transit di Surabaya dan Denpasar, Bali. Tinggal pilih harga yang sesuai. Untuk kereta juga oper di Surabaya, tapi kalo dari Jogja ada yang langsung ke Banyuwangi.
      Nah kalo wisata pantai ada yang jaraknya berdekatan seperti Pantai Pulau Merah, Teluk Hijau dan Pantai Sukamade Merubetiri tapi dibutuhkan waktu 1 hari penuh. Hari berikutnya bisa ke Gunung Ijen dan Taman Nasional Baluran. Kalo cukup waktu bisa ke Pulau Menjangan, Kebun kopi Margo Utomo, Air Terjun Lider dan lain lain.

      Satu lagi (dari mayora), paling nggak butuh 3 hari untuk liburan di Banyuwangi. Jangan lupa cobain kuliner khasnya yaa

      Hapus
  12. Owh ngoten to, matur nuwun sanget ngeh kange infone :-)
    Pastinya donk harus nyobain kuliner khas banyuwangi

    BalasHapus
  13. RENCANA DR LEMPUYANGAN KE STS BWI BARU...STS LEMP BUKA 24 JAM GAK? MAU NUMPANG TIDUR SOALNYA NUNGGU KERETA YG PAGI KE BWI BARU... TRUS BAYAR ANGKOT + FERRY KEBALI BRP.. TURUN DI HOTEL/LOSMEN YG MURAH KMR MANDI DI DALAM ITU KITA MUSTI TURUN DMN.. TRIMD

    BalasHapus
  14. Tulung dung infu hutel/lusmen d Banyuwangi Yg bersiih aman nyaman & cepat (kyk bis sj hehehe) dan Yg penting murah tp tdk murahan :)
    Tengkyu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak mas, ada Losmen Anda, hotel Ikhtiar Surya, Hotel Berlian Abadi, dll

      Hapus
  15. bro mau nanya dong,kalo dari stasiun banyuwangibaru ke bandara blimbingsari/sekolah pilot LP3B dan sebaliknya gimana ya?pake transportasi apa?makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada bus Damri mas, 1x sehari dari Penyeberangan Ketapang. Jalan kaki 5 menit dari Stasiun Banyuwangi Baru.

      Hapus
  16. Mas kalo dari surabaya ke banyuwangi lebih baik beli tiket di tempat atau gimana ya? Terus eksekutif sm ekonomi beda harganya gimana? Makasih ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo naik bus langsung ke terimnal aja, bayar di busnya. Tapi kalo naik keretra ya pesen dulu sebelumnya di www.tiket.com

      Hapus
    2. saya cek tiket online kok tidak ada jadwal keretanya ya mas? apa harus pesan on the spot di st. gubeng?

      Hapus
    3. Mbak dr kota mana? Utk tujuannya diisi dari surabaya gubeng ke stasiun banyuwangi baru arau karang asem. Bisa dibeli dari www.tiket.com atau di web KAI https://tiket.kereta-api.co.id

      Hapus
    4. dari jakarta. transit di surabaya dulu kebetulan nyampe di ps. turi jam set 2 pagi. kirakira naik kendaraan apa yah utk ke gubeng? boleh minta contactnya utk tanya tanya mas? makasih

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  17. Mas mau nanya nih aku mau ke banyuwangi ke daerah jl. Transmigrasi,ketapang,banyuwangi..itu kalo dri jakarta turun di stasiun banyuwangi di stasiun apa yaa..soalnya mau daftar akademi kelautan banyuwangi..trims

    BalasHapus
  18. Di stasiun kereta mas, bukan di Stasiun Bahan Bakar. Hehhe. Di Stasiun Banyuwangi Baru aja turunnya.

    BalasHapus
  19. Tanya dong kalau nyebrang ke gilimanuk H-3 berapa jam antre di ketapang ya kira2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo beruntung ya 1-2 jam. kalo gak bawa kendaraan gak pake antri, karena langsung nyelonong aja

      Hapus
  20. Klo dari pelabuhan ketapang banyuwangi menuju ke jogja naik apa bro yang murah meriah. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik kereta sritanjung mas, 50rb. Stasiunnya ada di depan pelabuhan

      Hapus
  21. Mas mau tanya. Enaknya naik bus apa ya klo dr surabaya mau ke jember terminal tawangalun. And tarifnya brapa ya skrng. Mau ke banyuwangi nih tp jemput tmen dulu di jember. Thx

    BalasHapus
  22. Mas mau tanya. Enaknya naik bus apa ya klo dr surabaya mau ke jember terminal tawangalun. And tarifnya brapa ya skrng. Mau ke banyuwangi nih tp jemput tmen dulu di jember. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama mesti ke terminal Bungurasih Surabaya,trus cari jurusan Jember. Banyak bus ke Jember, tinggal pilih. Untuk tarif saya audah lupa

      Hapus
  23. Sri tanjung naik ke 100rb

    BalasHapus
  24. mau tanya KA probowangi dari surabaya gubeng ke banyuwangi sudah tidak ada ya?

    BalasHapus
  25. Hai Mas Zaki
    Saya dari Jakarta mau ke Gn. Baluran - Gn. Ijen. Semuanya menggunakan transportasi Kereta. Punya waktu cukup panjang buat menelusuri Banyuwangi dan Bromo (kalau bisa..hihihi). Bisa kasih masukan untuk menginap dimana yg strategis mas. Saya bawa tenda juga rencananya, backpacer soalnya..hehehhe. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rika mau kesana juga? Bareng dong hihi

      Hapus
    2. Boleh gabung? Hehehe rencana mau ke bwi juga.
      mas zaki, ke pelabuhan tanjung wangi dr bandara blimbing sari atau stasiun bwi baru berapa lama perjalanan? Jauh kah?

      Hapus
    3. Mbak Rika, Kalo menginap lebih baik di daerah kota. lebih strategis kemana-mana. Insaallah masih murah. Untuk pilihan hotel coba cek postingan saya yang lain.

      Mbak/mas Nidanid, kalo dr blimbingsari airport jaraknya jauh. Naik aja damri bandara ke ketapang/bwi baru, perjalanan 40 menit an. Nah dari banyuwangi baru deket banget, naik angkot 1 kali atau jalan kalo kuat

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  26. Bintang & Nidanid.
    Sori baru balas. Insyaallah 10 s/d 14 Okto 2015.

    Mas Zaki mau tanya lagi nih.
    Kalau sekiranya saya menginap di kota banyuwangi, menuju Gn. Ijen bisa menggunakan transportasi apa ya? Sewa mobil rumornya suka diberentikan oleh pengusaha jeep, jadi rada binggung juga. Kalau motor, apakah saya bisa sewa seharian buat langsung ke paltidungnya?

    Thank before ya informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tempo hari sempat ada masalah dengan pengusaha jeep/trooper, tapi sekarang sudah aman. Naik motor juga bisa dan aman. ada rental motor di Banyuwangi --> www.tripolitour.com

      Hapus
    2. Terima Kasih banyak informasinya. :)

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Mas aku lagi di Banyuwangi Hotel Mirah.
    Pertinyiinyi,aku mau ke rogojampi.
    Enaknya naik taksi atau mungkin angkot kalau ada ?
    Ngomong ngomong taksi banyuwangi argonya ngeri gak ya ?

    BalasHapus
  29. saya dari surabaya berencana mau ke pantai pulau merah stsiun terdekat turun dimana ya? lalu untuk ke pulau merahnya naik apa? dan saya rencana cuman 1 hari untuk pulangnya dari pulau merah apakah ada bus yg langsung jurusan surabaya? terimakasih

    BalasHapus
  30. mas, mau nanya kalo naik motor dari Bali-Banyuwangi, terus Banyuwangi-Surabaya naik kereta, penitipan motor di stasiun Banyuwangi ada ga?aman ga? mohon pencerahannya mas,. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada. di karangasem. bisa nitipin motor di sana. tarif per hari nya aku lupa. posisi nya di depan stasiun uth banyak berjajar bangunan/rumah yang menerima penitipan kendaraan.

      kalau yang di stasiun banyuwangi baru gak tau. tapi sejauh yang aku tahu, biasanya peluang bisnis selalu ada. artinya, penduduk sekitar pasti sudah memeprkirakan kalau ada orang mau nitipin motor. jadi di setiap stasiun, terminal, dan lain-lain.. bisa dipastikan ada tempat penitipan motor. :)

      Hapus
  31. Mas mau tanya nie klw dri jakarta naik pesawat lion trus ke banyuwangi naik pesawat garuda kan itu beda terminal cara transitnya gmna makasih sebulumnya

    BalasHapus
  32. Isun seng sabar pingin moleh ring banyuwangi kang ,,, hahahab,, suara dari taiwaaannnn ... ashekkk

    BalasHapus
  33. Bang zack, saya dari bali mau ke ijen naek kendaraan umum bisa dibantu naek apa enaknya bang zack? Tks

    BalasHapus
  34. Kalo dari surabaya mau ke politeknik banyuwngi turun stasiun mana yang lebih deket?
    Trus dari politeknik ke ketapang naik apa?

    BalasHapus
  35. Kalo dr kediri mau kebanyuwangi. Butuh transit juga ya mas?kesurabaya dulukah?atau kemalang dulu?terus hotel murah daerah genteng itu dmn ya?soalnya saya mau 4 hari di genteng..mohon info nya mas.. Terimakasih ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas kurang lengkap, maksudnya ini kalau naik bus.. :)

      Hapus
  36. Hi Bang Zack, makasih infonya, rencana aku mau ke Ijen sama Baluran. Abang tau ga dimana bisa sewa mobil tapi ga pake driver? kita sendiri yg nyetir. Satu lagi bang, kalo naik Ijen, perlu guide atau bisa jalan sendiri?

    BalasHapus
  37. Waktu kuliah, ada banyak teman saya yg dari jawa timur.
    Tiap tgl merah banyak atau liburan, saya selalu pergi kesana, ke pasirian, jember, desa kandang sapi, gunung kumitir dll.
    Disana beda dg di Bali dan saya sangat senang dg keramahan orang jawa timur.

    Tapi sekarang sdh punya anak dan susah utk pergi kemana2.
    1 hal yg belum terwujudkan... naik kereta api.

    Untung ada sahabat yg sdh sukses di Malang dan terus nyuruh saya utk ke Malang.

    Semoga bisa jalan2 ke jawa lagi.

    BalasHapus
  38. Terima kasih gan infonya, lagi Otw Banyuwangi nih, via Situbondo tapi.

    BalasHapus
  39. Terima kasih gan infonya, lagi Otw Banyuwangi nih, via Situbondo tapi.

    BalasHapus
  40. Selamat pagi..sy mau ke kalibaru di banyuangi..bisa tidak pake bus bali-jogja??nnti lewat banyuangi tdk?tolong d jawab..kalo tidak,sebaiknya untuk jalur darat dr bali gimna?

    BalasHapus
  41. halo mas, kalau dari kuta bali mau ke banyuwangi dari kuta ke pelabuhan bisa naik uber atau grab gitu gak mas?

    BalasHapus
  42. Mungkin perlu di update lagi gan, terdapat transportasi uber dan NAM Air yang langsung ke jakarta
    ...,

    BalasHapus

 
Copyright (c) 2010 Orang Banyuwangi . Design by Wordpress Themes .

Themes Lovers , Download Blogger Templates And Blogger Templates .